universitas terbaik di indonesia by university rankings universitas jurusan Bimbingan Konseling Ban-PT Peringkat Universitas di Indonesia Universitas jurusan PENDIDIKAN EKONOMI Akuntansi

Cara Mengetahui Kelamin Anak Ayam 1 hingga 30 hari

Cara Mengetahui Kelamin Anak Ayam


Bagaimana Cara Mengetahui Kelamin Anak Ayam 1 hingga 30 hari?  Apakah Anak ayam jantan ataukah ayam betina?  Beberapa metode disajikan disini untuk berbagai jenis ayam, ayam ras (ayam broiler dan ayam petelur) maupun ayam buras (misalnya ayam bangkok dan ayam kampung) adalah sebagai berikut.

METODE SEXING PADA AYAM BROILER


Metode utama untuk mengetahui jenis kelamin anak ayam DOC (chicks sexing) ayam broiler terdiri dari dua macam, yaitu vent sexing dan feather sexing.   Kedua metode ini memiliki tingkat akurasi yang tinggi untuk usia anak ayam DOC satu hingga beberapa hari.

Vent sexing dilakukan dengan cara mengecek organ genital pada lubang dubur/kloaka anak ayam.  Anak ayam jantan adalah jika memiliki benjolan kecil, tampak seperti jerawat atau jarum, sedangkan yang betina tidak ada benjolan.   Metode vent sexing hanya bisa dilakukan oleh orang terlatih.  

Feather sexing dilakukan dengan cara mengecek bulu sayap primer dan bulu sayap atas.  Ayam jantan, jika bulu sayap primer lebih pendek atau sama panjangnya dengan bulu sayap atas, sedangkan ayam betina jika bulu sayap primer lebih panjang daripada bulu sayap atas.  Feather sexing cocok untuk turunan atau strain ayam broiler atau ayam tertentu saja.

anak ayam jantan betina


Jika ingin mengetahui lebih lanjut metode ini silahkan klik Vent sexing and feather sexing anak ayam broiler dan ayam petelur 


METODE LAMA YANG PRAKTIS


Dalam beberapa buku-buku lama ada tiga metode yang sangat menarik seperti dapat dilihat pada gambar dibawah ini (sumber backyardpoultrymag.com).

kelamin anak ayam


  • Metode pertama, anak ayam digantung terbalik di jari. Ayam jantan jika hanya menggantung diam, dan ayam betina jika mencoba mengepak dan mencoba memutar ke kanan. 
  • Metode kedua yaitu memungut tengkuk leher anak ayam.  Ayam jantan jika membiarkan kakinya menggantung, dan ayam betina jika kakinya ditarik naik ke atas dada. 
  • Metode terakhir adalah menempatkan anak ayam telentang di telapak tangan. Ayam betina jika berhenti menendang setelah beberapa saat, dan ayam jantan jika terus-terusan menendang. 

CARA MEMBEDAKAN ANAK AYAM JANTAN DAN BETINA BANGKOK


Pada peternakan ayam bangkok, yang umumnya skala kecil dan rumahan, umumnya menggunakan cara-cara simple dalam membedakan anak ayam jantan dan betina.  Metode praktis ini tentu akurasinya jauh dibawah Metode Vent Sexing ayam broiler yang langsung melihat organ genital.

Umumya cara praktis mengetahui dan membedakan jenis kelamin anak ayam bangkok, antara lain berdasarkan perbedaan bunyi/suara cuap jika dipegang/dielus, ketegasan/ketebalan garis jengger, kuping telinga, ketajaman/sorot mata, panjang/pendek badan, ketegapan dan kekuatan tubuh, cepat/lambat tumbuh bulu ekor, kegelian dan sifat dominan.  Cara-cara ini tidak akurat untuk ayam yang baru menetas hingga usia 1 minggu.  Setelah usia 1 minggu perbedaannya mulai sedikit tampak, tetapi tetap saja belum akurat.  Semakin tambah usia hingga usia 1 bulan maka perbedaanya makin jelas pada jengger, postur dan ketegapan tubuh, sehingga semakin mudah membedakan anak ayam jantan dan betina.  Tetapi tetap saja tingkat akurasinya belum bagus hingga terbukti setelah ayam 2 bulan (bulu rawis mulai keluar).

Cara membedakan anak ayam jantan dan ayam betina bangkok dengan melihat ada tidaknya bakal kuping telinga diperdalam lagi dengan contoh-contoh gambar di bawah ini.  Bakal kuping telinga anak ayam bangkok ternyata bisa dilihat sejak baru menetas (umur 0 hari).  Contohnya adalah pada gambar di bawah ini, yaitu gambar anak ayam bangkok usia 3-4 jam.  Bagian yang tidak berbulu ada 2, yaitu lobang telinga (di atas) dan bakal untuk kuping telinga (di bawah).  Anak ayam jantan adalah yang tampak jelas memiliki bakal kuping telinga.

anak ayam bangkok


Semakin besar anak ayam, bakal kuping telinga makin tampak jelas.  Contohnya pada gambar di bawah ini adalah gambar anak ayam bangkok usia 4 minggu (1 bulan).  Lubang telinga pada gambar ini tertutup oleh bulu, sedang bakal kuping telinga tampak terpisah dari lobang telinga.  Jika bakal kuping telinga tidak kelihatan jelas dan terpisah seperti gambar ini maka ayam tersebut adalah ayam betina.   

anak ayam bangkok


Agar lebih pasti dan akurat maka cara-cara praktis yang sudah disebutkan diatas harus digabungkan untuk saling mendukung.  Misalnya pada gambar di bawah ini, selain melihat bakal kuping telinga, juga diyakinkan lagi dengan melihat jengger dan melihat bulu punggung anak ayam.  Unjung bulu punggung yang runcing/lancip adalah jantan, dan jika bulu punggung lebih bundar (kurang runcing) adalah betina.  Pengamatan bulu punggung ini sudah bisa dilihat sejak anak ayam berusia 1 bulan.

ayam jantan


Demikian info Cara Mengetahui Kelamin Anak Ayam 1 hingga 30 hari, khususnya membedakan anak ayam jantan dan betina bangkok.  Info lain klik anak ayam atau ayam betina.


Bagikan ke teman: WhatsApp

No comments:

Post a Comment