universitas terbaik di indonesia by university rankings universitas jurusan Bimbingan Konseling Ban-PT Peringkat Universitas di Indonesia Universitas jurusan PENDIDIKAN EKONOMI Akuntansi

Ciri dan Keunggulan Ayam Birma Asli dan Campuran


Ciri Ayam Birma Asli

Artikel Ciri dan Keunggulan Ayam Birma Asli dan Campuran adalah tentang keunggulan dan ciri ciri ayam birma asli dan ayam birma campuran.

Ayam birma, apa keunggulan atau hebatnya ayam birma?  Mengingat ayam birma (nama lain ayam burma atau ayam myanmar atau pama) akhir-akhir ini sedang lagi trend terutama di Thailand.  Di Indonesia sudah pula tersedia ayam birma yang diimpor dari Thailand, dan turunannya dijual dengan harga yang cukup mahal jutaan rupiah.  Untuk mengetahui kelebihan ayam birma/burma tersebut perlu dikenali ciri ciri ayam birma.

Di thailand, ayam birma sangat populer untuk di kawin silang dengan ayam bangkok thailand.  Tetapi juga sebagian di kawin silang dengan ayam vietnam dan beberapa jenis ayam aduan lainnya.



Baca: Ayam bangkok jenis ayam birma harga jutaan

Ciri Ciri Ayam Birma Asli


Ciri ciri ayam birma asli 100% memiliki bentuk dan ukuran yang tergolong kecil.  Lebih kecil dari ayam bangkok, apalagi jika dibandingkan dengan ayam bangkok thailand asli dan ayam saigon.  Berat badan ayam birma asli sekitar 2,00-2,50 kg.

Secara umum, karakter atau ciri ciri ayam birma asli secara fisik berdasarkan pengamatan dari sumber kaichon.com adalah:

ciri ayam birma burma


  • Ayam birma umumnya bertulang kecil.  Tulang kecil ini adalah kelemahan dari ayam birma.  Sehingga ayam birma yang baik untuk aduan adalah setelah berusia 12-15 bulan, menunggu tulangnya keras dahulu.
  • Wajah mulut/paruh tajam garis lurus (Face sharp mouth a straight line)
  • Bentuk jengger biasanya seperti bantam ular, atau seperti cabe rawit, atau seperti tanduk ular
  • Mata melotot.
  • Bulu sayap tebal dan panjang
  • Sisik kecil dan full, menunjukkan ayam tersebut memukul dengan akurat
  • Taji mengirim (Spurs sent)
  • Kuping - di bagian telinga putih (tanda ayam tersebut tergolong ayam hutan liar/ayam kampung).

Gaya Teknik Tarung Ayam Birma


Gaya tarung Ayam Birma adalah ayam dengan tarung gaya "elit diplomatik".  Tidak melawan secara langsung atau berhadap-hadapan, karena ayam birma adalah ayam yang kecil.  Ayam birma (burma-myanmar) ini opportunis yang cerdik.  Birma adalah ayam taktik dan licin "ayam yang aerodinamis".  Ayam birma merupakan ayam dominan taktik.  Gaya dan teknik tarung ayam birma sbb:
  • Ayam Birma bergerak dan memukul tanpa mulut mematuk lawan.
  • Ayam Birma bergerak seperti irama tari ke berbagai sisi untuk menghindari kepala 
  • Hit itu menarik baji. Ketika ayam naik memukul kepala tidak berusaha dengan kepala dilepas dari tee.
  • Ayam yang pintar mencuri kesempatan untuk memukul
  • Ayam birma memiliki kecepatan beralih yang baik, suka berlari dan membuat lawan mengejarnya, saat lawan lelah atau lengah dia memukul
  • Ayam birma adalah ayam dengan kaki yang sensitif dan akurat dalam memukul.  Pukulan utamanya adalah telinga dan kedua mata. Ayam burma myanmar ini adalah ayam licik yang cerdik.  

Keunggulan Ayam Birma campuran hibrida


Hibrida atau kawin campur ayam birma dengan ayam bangkok thailand menghasilkan keunggulan masing-masing sebagai berikut:

gambar ayam birma




  • Ayam birma (myanmar) 100% atau asli memiliki kecepatan bergerak yang diplomatik 100% sempurna, dan tampak sangat cerdik dan genius.  Tetapi kelemahannya ayam asli birma tersebut berukuran kecil dan bertulang kecil yang bisa membahayakan jika kena pukulan bertubi-tubi.
  • Hibrida Thailand - birma 75% (birma 75%) memiliki kecepatan bergerak diplomatik.   Ayam ini cenderung mendekat ke asli ayam birma.  Pukulannya masih seperti ayam birma asli 100%, bentuk dan strukturnya sudah lebih besar tetapi masih kecil di bawah 3,00 kg, kecuali ada beberapa yang kadang-kadang cukup besar.
  • Hibrida Thailand - birma 50%  memiliki kecepatan bergerak kecerdasan diplomatik yang sudah berkurang dan tidak sama dengan asli birma 100%.  Tetapi ukuran ayam dan struktur tubuh dapat mencapai ukuran 3 kg atau lebih.  Beberapa gerakan taktik dari ayam asli birma masih ada.
  • Hibrida Thailand - birma, 25% (25% birma) memiliki kecepatan, gaya dan taktik yang sudah jauh berkurang.  Ayam ini lebih cenderung ke model dan gaya ayam bangkok Thailand.  Tetapi dengan memiliki ukuran badan 3,00 kg ke atas, mulut ayam sensitif, memukul batting rata-rata dan memukul tunggul.

Ayam birma saat ini memiliki banyak campuran misalnya dengan ayam Saigon Vietnam. Ada juga garis keturunan campuran Thailand birma Saigon.

Demikian Ciri dan Keunggulan Ayam Birma Asli dan Campuran dan hasil silangan / campuran yang diambil dari sumber kaichon.com-thailand.

Lihat juga: 
ayam birma,  ayam bangkok super,  ayam saigon

Bagikan ke teman: WhatsApp

No comments:

Post a Comment