universitas terbaik di indonesia by university rankings universitas jurusan Bimbingan Konseling Ban-PT Peringkat Universitas di Indonesia Universitas jurusan PENDIDIKAN EKONOMI Akuntansi

Semua jenis penyakit ayam bangkok-unggas

penyakit ayam dan unggas
Jenis penyakit ayam, unggas, termasuk penyakit ayam bangkok secara umum dibagi dalam dua kelompok. Yaitu penyakit ayam akibat virus dan penyakit akibat bakteri. Penyakit ayam dan unggas diluar virus dan bakteri tergolong penyakit tidak berbahaya. Diantaranya adalah penyakit jamur gatal di kepala, parasit seperti cacing dan kutu, bubul bekas luka di telapak kaki. Penyakit penyakit ini relatif mudah disembuhkan dan tidak mematikan dalam jangka waktu singkat


PENYAKIT UNGGAS AKIBAT VIRUS


Jenis penyakit ayam dan unggas akibat virus

  • Penyakit ayam bangkok dan unggas dalam kelompok penyakit akibat virus adalah penyakit yang paling berbahaya dan mematikan.  Penyakit ayam akibat virus lebih berbahaya dan mematikan dibandingkan dengan penyakit akibat bakteri.
  • Dua jenis penyakit ayam dan unggas akibat virus yang sudah sangat populer dan paling mematikan adalah penyakit flu burung atau avian influenza (AI) dan penyakit tetelo atau Newcastle Disease (ND).  Penyakit ayam flu burung dan tetelo menyerang dan mematikan hampir semua jenis unggas (ayam broiler, ayam bangkok, itik, bebek) pada semua usia dari yang masih anakan hingga unggas dewasa.
  • Penyakit ayam bangkok dan unggas akibat virus yang lebih rendah tingkat bahayanya adalah Infectius Laryngotracheitis (ILT), Infectious Bronchitis (IB), dan (5) Gumboro ateau Infectious Bursal Disease (IBD).  Penyakit ayam kategori ini tidak mematikan pada ayam dewasa, dan hanya mematikan pada anak ayam.

Pencegahan dan obat ayam akibat penyakit virus

  • Secara medis, jenis penyakit ayam dan unggas akibat virus tidak ada obatnya.  Ini karena hingga saat ini belum ditemukan obat yang bisa membunuh virus, termasuk penyakit virus yang menyerang manusia.
  • Manusia yang sembuh dari penyakit virus seperti flu burung dan demam berdarah bukan karena pemberian obat yang membunuh virus penyakit.  Tetapi karena pemberian obat dan terapi yang meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga virus tidak mampu menyerang terlalu jauh, lalu lama kelamaan virus akan mati dengan sendirinya karena umur virus terbatas dalam hitungan minggu.
  • Langkah yang paling tepat untuk antisipasi penyakit ayam akibat virus adalah dengan memberikan vaksin disaat ayam masih sehat. Vaksin adalah strain dari virus, yang jika dimasukkan ke dalam tubuh ayam dan unggas akan melawan virus penyakit yang masuk menyerang.  Jika vaksin tersebut bagus dan berkualitas maka strain dari vaksin akan menang melawan virus penyakit yang sejenis, tetapi jika strain vaksinnya yang kalah maka ayam dan unggas tetap akan terkena penyakit.
  • Pada peternakan ayam negeri broiler, jumlah ayam sangat banyak, maka ayam yang terlanjur kena penyakit virus umumnya dijual atau dimusnahkan, karena tidak sanggup ditangani dan kecil peluang untuk sembuh.
  • Untuk ayam bangkok, ayam kampung, unggas lain skala rumahan, relatif mampu menangani ayam yang terserang virus karena jumlahnya sedikit.  Misalnya penyakit ayam tetelo, masih ada peluang sembuh dengan ramuan obat herbal tradisional.  
  • Berikut ini adalah daftar penyakit akibat virus.  Klik setiap jenis penyakit untuk mengetahui tingkat bahaya dan gejela setiap penyakit serta vaksin dan pengobatannya.

    No
    Jenis Penyakit Unggas akibat virus
    Kematian
    1
    100%
    2
    100% tetelo ganas
    3
    50%
    4
    50%
    5
    40% anak ayam
    6
    AIDS-nya ayam



    PENYAKIT UNGGAS AKIBAT BAKTERI


    Jenis penyakit ayam dan unggas akibat bakteri

    • Penyakit ayam bangkok dan unggas akibat bakteri termasuk penyakit ayam yang berbahaya, tetapi tingkat bahayanya lebih rendah dibandingkan dengan penyakit akibat virus.  Tingkat kematian penyakit bakteri relatif lebih rendah, dan lebih kepada anak ayam.  Disamping itu penyakit akibat bakteri dapat diobati dan disembuhkan dengan obat antibiotik.
    • Penyakit ayam bangkok dan unggas akibat bakteri terdiri dari penyakit snot-coryza, ngorok-chronic respiratory disease, berak kapur-pullorum-bacilary white diarrhea, kolera dan colibacillosis.  

    Obat ayam akibat penyakit bakteri

    • Tidak seperti penyakit virus yang tidak ada obatnya, maka semua jenis penyakit bakteri pada ayam dan unggas dapat diobati/disembuhkan dengan pemberian obat antibiotik.
    • Jenis dan kandungan antibiotik untuk obat ayam cukup beragam.  Salah satu contoh yang bisa digunakan untuk peternak ayam bangkok, ayam kampung, unggas skala rumahan adalah antibiotik trimezyn-Medion.  Harga obat ayam antibiotik ini sekitar Rp 4.500 isi 50 kaplet.  Obat tersebut sangat ampuh.  Untuk penyakit bakteri, sebaiknya gunakan obat antibiotik karena selain harganya murah, secara teoritis juga lebih manjur ketimbang obat-obatan tradisional dari jamu-jamuan yang dibuat sendiri.
    • Dalam kasus-kasus tertentu, jika obat antibiotik tidak mempan maka banyak yang mencoba menggunakan obat alternatif dari obat tradisional.  Hasilnya kadang sangat baik.  Contohnya adalah kunyit untuk obat penyakit di pencernaan seperti diare, berak kapur dan berak darah, yang juga dipraktekkan oleh peternakan ayam negeri.  Disamping kunyit, ada yang menambahkan daun sirih, temulawak, dan bahan-bahan yang pahit seperti brotowali, daun pepaya dll.
    • Untuk peternakan ayam negeri broiler yang jumlahnya tentu banyak, sebaiknya tetap menggunakan vaksin untuk pencegahan.  Selain vaksin untuk penyakit virus, vaksin untuk penyakit ayam akibat bakteri juga sudah tersedia dari produk medivac-medion.   
    • Berikut ini adalah daftar penyakit unggas termasuk penyakit ayam bangkok akibat bakteri.  Klik setiap jenis penyakit untuk mengetahui tingkat bahaya, gejala penyakit, serta vaksin dan pengobatannya.

      No
      Jenis Penyakit Unggas akibat bakteri
      Kematian
      1
      penyakit ayam pilek snot coryza 30% anak ayam
      2
      penyakit ayam ngorok CRD
      3
      penyakit berak kapur pullorum bacilary white diarrhea 80% usia dini
      4
      penyakit kolera
      5
      penyakit colibacillosis

            Demikian gambaran umum Semua jenis penyakit ayam bangkok-unggas yang dirangkum dari berbagai sumber.


            Bagikan ke teman: WhatsApp

            No comments:

            Post a Comment